Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaru dan Paling Kreatif Tahun 2020

  • admin
  • May 30, 2020
  • No Comments

Mencari pekerjaan di era digital memang perlu skill atau keahlian tersendiri. Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa Anda lakukan lebih fleksibel atau dikenal dengan istilah freelance. Sebelum Anda melamar pekerjaan tertentu, tentu Anda membutuhkan lamaran kerja yang baik. Lamaran kerja sendiri terdiri dari surat lamaran, CV atau riwayat hidup, foto identitas diri, sertifikat pendukung, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Alasan CV harus dibuat sebagus dan semenarik mungkin karena Anda perlu menarik minat pihak HRD akan fokus pada riwayat hidup Anda. Dalam menuliskan daftar riwayat hidup, perlu hendaknya mencantumkan informasi lengkap terkait latar belakang diri sendiri secara garis besar. Karena daftar riwayat hidup akan menjadi acuan paling penting dalam menulis surat lamaran kerja.

Oleh sebab itu, Anda harus tahu cara membuat CV lamaran kerja yang bagus pada tahun 2020 ini. Jangan sampai skill atau kompetensi diri Anda dianggap kurang mumpuni hanya karena kesalahan penulisan CV. Anda harus memastikan bahwa tim HRD tertarik pada kompetensi dan pengalaman diri. Setidaknya Anda memiliki kesempatan diterima lebih besar saat perekrutan karyawan baru. Anda harus ingat bahwa ada banyak puluhan, ratusan hingga ribuan orang yang mungkin menulis surat lamaran kerja yang sama.

Tips Menulis CV yang mudah dibaca dengan Baik

Cara membuat CV lamaran kerja yang bagus dan kreatif memang tergantung dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar. Tentu pekerjaan yang berkaitan dengan dunia kreatif butuh CV yang sama kreatifnya juga menonjol atau sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Jangan hanya terpaku pada layout yang kaku sehingga Anda mengabaikan penulisan CV yang mudah dibaca tim HRD.

Yuk, simak tips menulis CV yang mudah dibaca berikut ini!

  1. Membuat tampilan yang menarik Langkah pertama yang Anda perlu lakukan adalah membuat tampilan lebih menarik. Jangan menuliskan semua informasi tentang diri Anda secara berlebihan hingga terlalu panjang. CV yang terlalu panjang membuat tim HRD malas untuk membaca secara keseluruhan. Apalagi Anda menggunakan kalimat yang terlalu bertele-tele. Sebaiknya buatlah CV lamaran kerja terbaru yang tetap mengutamakan penyampaian informasi lengkap dalam bentuk kisi. Struktur kolom dan baris menjadi tata letak CV yang menarik dan memudahkan HRD dalam mendapatkan informasi.
  2. Menyesuaikan CV dengan keahlian dan pengalaman kerja Cara membuat CV lamaran kerja yang menarik adalah menyesuaikan dengan keahlian dan pengalaman kerja yang Anda miliki. Misalnya Anda seorang yang memiliki keahlian desain, bisa membuat tampilan CV yang cukup menarik. Namun, tetap pastikan penulisan informasi menggunakan font yang mudah dibaca, ya! Jangan sampai Anda hanya mengutamakan desain saja hingga mengabaikan penulisan informasi yang lebih detail. Sedangkan penulisan pengalaman kerja wajib Anda perhatikan sebagai acuan tim HRD. Orang yang memiliki pengalaman kerja lebih diutamakan dibandingkan dengan fresh graduated. Tentu kebijakan tergantung dengan kualifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan tujuan Anda.
  3. Memperhatikan perusahaan yang memberikan lowongan Tidak semua perusahaan membutuhkan CV yang memiliki desain kreatif, namun ada pula perusahaan yang menginginkan CV menarik. Dewasa ini, Anda harus mencari informasi terkait jenis perusahaan yang tengah memberikan lowongan pekerjaan. Jika perusahaan yang memiliki posisi kosong merupakan jenis perusahaan memiliki kesan formal, gunakan bahasa baku dan tampilan CV lebih konvensional. Sedangkan perusahaan kreatif lebih butuh tampilan CV yang menarik dan eye catching. Foto atau desain yang mencolok mata bisa menjadi pertimbangan tersendiri sebelum melamar pekerjaan di perusahaan ini.
  4. Miliki personal branding dan tonjolkan kompetensi Personal branding merupakan hal penting yang harus Anda miliki sebelum mempraktikkan cara membuat CV lamaran kerja yang baik. Anda harus menampilkan imej profesional yang membuat perusahaan tertarik untuk menghubungi Anda lebih lanjut. Personal branding yang kuat akan membuat Anda menjadi kandidat kuat dalam proses tes psikotes dan wawancara. Selain itu, Anda juga harus menonjolkan kompetensi yang dimiliki dalam penulisan CV. Berikan informasi lengkap terkait keahlian dan kompetensi Anda lebih detail mengingat konten yang menarik akan langsung memikat perhatian tim HRD.
  5. Membaca ulang CV lamaran kerja Jika Anda sudah berusaha mempraktikkan cara membuat CV lamaran kerja sehingga perlu membaca ulang riwayat hidup tersebut. Anda bisa memposisikan diri sebagai HRD yang tengah membaca surat lamaran kerja. Pandangan Anda akan memperhatikan poin yang kurang jelas. Evaluasi sangat penting agar Anda bisa meminimalisir kesalahan tulis CV, informasi yang belum tersampaikan dan lain-lain.

Itulah tadi 5 tips dasar yang bisa Anda terapkan dengan mudah. Pastikan informasi tertulis lengkap seperti alamat rumah, alamat email, nomor telepon, dan lain-lain. Di era digital, tim HRD bisa menelusuri jejak profesional seseorang lewat media sosial. Pastikan Anda menggunakan nama email profesional dan media sosial positif agar tim HRD lebih yakin untuk merekrut. Pasalnya, media sosial telah digunakan sebagai sarana melihat karakter atau kepribadian seseorang dewasa ini.

Tips membuat tampilan CV yang kreatif

Layout CV bisa menjadi bagian penting dalam praktik cara membuat CV lamaran kerja yang kreatif. Menonjolkan sisi kreatif bisa menjadi pertimbangan HRD dalam merekrut karyawan baru. Pola pembagian penulisan CV yang baik akan membuat tampilan visual yang maksimal. Tata letak bisa Anda bagi menjadi dua kolom, misalnya kolom sebelah kiri untuk informasi pribadi sedangkan kolom sebelah kanan untuk informasi lebih rinci terkait pendidikan, pengalaman kerja dan kualifikasi diri.

Anda bisa menambahkan foto yang eye catching, penambahan garis atau warna tertentu agar CV memiliki nilai unggul. Anda bisa menggunakan tools yang bisa membuat tampilan CV lebih menarik. Begitu juga Anda dapat memainkan perpaduan warna yang kiranya sesuai dan membawa value yang baik untuk jenis CV yang ingin Anda buat.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa cara membuat CV lamaran kerja yang menarik tergantung dengan posisi yang hendak Anda lamar. Jangan menggunakan desain yang berlebihan atau terlalu mencolok kalau Anda memang melamar posisi di perusahaan berkesan formal. Anda bisa menggunakan penulisan CV dalam bahasa Indonesia yang baku dan sesuai EBI. Jika posisi yang kosong butuh pelamar yang menguasai bahasa asing, sebaiknya tulis dalam bahasa yang dibutuhkan sesuai keahlian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *